10 Manfaat Susu Kambing Murni, Baik untuk Pencernaan! - Subang

Anda mungkin pernah melihat olahan daging kambing di mana-mana. Tapi, tahukah Anda bahwa selain dagingnya yang enak, susu hewan ini juga tak kalah nikmat untuk dikonsumsi. Bukan hanya soal rasa, kelebihan dan kandungan susu kambing murni bisa menjadi alternatif pengganti susu sapi atau susu nabati lainnya.

 

Susu kambing memiliki jumlah kalsium, protein serta zat penting lainnya yang lebih tinggi untuk tubuh Anda daripada susu sapi yang paling sering dikonsumsi. Mengacu pada laporan Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) di bawah ini adalah ulasan tentang nilai gizi 1 cangkir (237 mililiter) susu kambing dan juga susu sapi.

 

Menurut penelitian, kontras antara susu kambing dan susu sapi jelas menunjukkan bahwa kandungan kalsium, magnesium protein, fosfor, dan kalium dalam susu kambing lebih unggul daripada susu sapi. Selain itu, keunggulan susu kambing adalah pilihan yang baik untuk pencernaan manusia. Lebih mudah dicerna dan memiliki prebiotik yang lebih tinggi sebagai makanan bagi bakteri menguntungkan yang berada di dalam sistem pencernaan.

 

Sayangnya, susu kambing murni atau turunannya lebih sulit ditemukan di toko kelontong. Alasannya karena produksi kambing perah jauh lebih sedikit dibandingkan sapi perah. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika susu kambing memiliki harga jual yang lebih tinggi daripada susu sapi.

 

Jika Anda ingin mengganti asupan susu harian Anda dengan susu kambing, berikut 10 manfaat minum susu kambing murni dan olahan yang wajib Anda ketahui:

 

 

1. Sumber asupan protein tinggi

 

Protein adalah salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh kita dalam jumlah banyak untuk membangun jaringan tubuh, membentuk antibodi, dan merupakan sumber energi penting selain lemak dan karbohidrat.

 

Susu kambing memiliki lebih banyak protein daripada susu sapi atau susu nabati. Jumlah protein pada susu kambing adalah 9 gram sedangkan pada susu sapi adalah 8 gram. Dalam hal susu nabati, seperti susu kedelai mengandung 6 sampai 7 gram protein. susu almond mengandung 0-1 gram protein.

 

 

Dengan kelebihan tersebut keju kambing dapat dimanfaatkan untuk memenuhi asupan protein harian dan dapat digunakan sebagai pengganti susu sapi. Namun, tentunya juga diisi dengan sumber protein lain termasuk daging, telur bahkan kacang-kacangan.

 

 

2. Membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh

 

Apakah Anda menganggap bahwa susu kambing mengandung mineral penting untuk sistem kekebalan tubuh kita? Kandungan mineral selenium pada susu kambing memang terkenal cukup banyak jika dibandingkan dengan susu sapi.

 

 

Selenium di dalam tubuh berfungsi sebagai antioksidan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat membantu mengurangi peradangan. Oleh karena itu, kebutuhan selenium untuk menjaga kesehatan tidak bisa diabaikan.

 

 

Karena kandungan selenium susu kambing yang tinggi dapat meningkatkan ketahanan tubuh Anda terhadap segala kondisi lingkungan dan aktivitas, serta melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Dengan menambahkan segelas susu kambing dalam diet Anda akan menguatkan tubuh Anda dan membuatnya lebih sehat.

 

 

3. Menjaga kesehatan pencernaan

 

Banyak orang yang minum susu mengalami gangguan lambung, mulas dan diare. Alih-alih sehat, tubuh Anda justru akan menjadi lemas akibat mengonsumsi susu. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh ketidakmampuan tubuh dalam mencerna kandungan laktosa dalam susu dengan baik, sehingga dapat menyebabkan alergi susu tertentu.

 

 

Susu kambing yang masih mengandung laktosa dan tinggi protein dianggap lebih mudah dicerna oleh saluran pencernaannya dibandingkan dengan susu sapi. Ada penelitian yang menunjukkan bahwa susu kambing menyebabkan risiko reaksi alergi lebih rendah daripada susu sapi. Namun, akan lebih baik bagi mereka yang memiliki riwayat atau riwayat alergi susu untuk terlebih dahulu berbicara dengan profesional medis profesional untuk keselamatan.

 

 

Jumlah prebiotik yang ditemukan dalam susu kambing juga dapat membantu memastikan bakteri baik masuk ke dalam sistem pencernaan, memastikan jumlahnya tetap normal atau bahkan meningkat untuk membantu metabolisme tubuh.

 

 

4. Mencegah pengeroposan tulang

 

Susu bukan hanya sumber protein tetapi alasan utama orang mengkonsumsi susu adalah untuk memenuhi kebutuhan kalsium dalam tubuh. Ini karena peran penting kalsium dalam menjaga kesehatan tulang.

 

 

Seperti yang Anda ketahui dari tabel pembanding nutrisi di atas, 1 cangkir (237 ml) susu kambing merupakan sumber 327 mg kalsium. Sebanyak 51 mg lebih tinggi dari kalsium yang terdapat pada susu sapi. Dengan menambahkan susu kambing ke dalam diet Anda dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium harian untuk orang dewasa yang mengonsumsi sekitar 1.000 mg per hari dan untuk anak-anak, yaitu sekitar 1.300 mg/hari.

 

 

Sebuah studi bahkan dari tahun 2014 di Rusia menyatakan bahwa mereka menyediakan 400 ml susu kambing per

 

setiap hari hingga 42 lansia diyakini memiliki dampak positif pada metabolisme tulang. Ini dapat membantu mencegah osteoporosis bila dikombinasikan dengan terapi.

 

 

5. Meningkatkan kemungkinan penyakit jantung

 

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang paling sering mematikan. Untuk menghindari risiko terkena penyakit jantung, ada banyak kebiasaan bermanfaat yang bisa dilakukan, bintangting dari berolahraga dan mengikuti pola makan yang sehat Salah satunya adalah menambahkan susu kambing ke dalam diet sehat.

 

 

Susu kambing mengandung asam lemak tak jenuh (tunggal dan rangkap tiga) medium chain trigliserida (MCT) yang dapat melawan berbagai jenis penyakit jantung.

 

 

Selain itu, kandungan magnesium pada susu kambing sangat bagus untuk menjaga kesehatan jantung sekaligus mencegah kenaikan kadar kolesterol. Hal ini akan memastikan bahwa jantung menjadi lebih sehat.

 

 

6. Menjaga kesehatan gigi

 

Siapa yang tidak menginginkan gigi yang kuat dan sehat? Untuk mewujudkannya, Anda perlu melacak asupan kalsium Anda. Tidak hanya penting untuk kesehatan tulang, tetapi kalsium membantu mendorong perkembangan gigi yang sehat dan kuat.

 

 

Dari jumlah total kalsium yang diserap tubuh, 95% disimpan di tulang dan gigi. Kalsium ini digunakan untuk membangun jaringan gigi dan menjaga kesehatan gigi. Jika tidak ingin gigi cepat rusak dan membusuk, perbanyaklah konsumsi makanan atau minuman yang sarat kalsium.

 

 

Susu kambing merupakan sumber kalsium pilihan yang bagus untuk konsumsi sehari-hari. Kandungan kalsium susu kambing mampu memenuhi 33% kebutuhan gizi harian. Ini lebih tinggi dari susu sapi yang hanya memiliki 28%.

 

 

7. Menurunkan kadar kolesterol

 

Susu kambing memiliki asam linoleat yang membantu menurunkan kadar kolesterol. Telah banyak penelitian yang membuktikan bahwa meminum susu kambing dapat membantu menurunkan kadar kolesterol pada kantong empedu, arteri dan kantong empedu.

 

 

Jadi, mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi dan memiliki kadar kolesterol yang terjaga bisa memilih pilihan susu yang lebih sehat yang bisa mereka konsumsi.

 

 

Manfaat susu kambing lainnya setelah menjaga kadar kolesterol pada tingkat normal adalah membantu mencegah penyempitan pembuluh darah (aterosklerosis) yang dapat menyebabkan stroke dan serangan jantung.

 

 

8. Membersihkan dan menjaga kesehatan kulit

 

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan berbagai produk kecantikan yang terbuat dari susu kambing seperti sabun mandi, lulur, lotion, dan masih banyak lagi. Susu kambing kaya akan asam laktat, asam lemak, dan vitamin A yang diduga dapat memberikan nutrisi alami yang baik untuk kesehatan kulit.

 

 

Jika Anda mencari kulit yang halus dan mulus, produk yang terbuat dari susu kambing mungkin merupakan pilihan terbaik. PH pada susu kambing sama persis dengan kulit manusia. Oleh karena itu, tidak membahayakan kulit dan bermanfaat bagi mereka yang menderita kulit sensitif.

 

 

Selain itu asam laktat yang terdapat pada susu kambing dapat memberikan kelembapan maksimal pada kulit sehingga sangat ideal bagi mereka yang memiliki kulit kering. Komponen lain seperti asam lemak dan vitamin A dapat memperkuat permukaan kulit, dan mengangkat sel-sel mati.

 

 

9. Meningkatkan penyerapan nutrisi dalam tubuh

 

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2002 mengungkapkan bahwa meminum susu kambing dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi dari makanan sehingga lebih efektif.

 

 

Ini tidak sebanding dengan susu sapi, yang dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk menyerap tembaga dan besi bersamaan dengan bahan makanan lainnya.

 

 

Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa mengonsumsi makanan yang dilengkapi dengan satu ons susu kambing dapat membuat tubuh menyerap setiap nutrisi tanpa membuang semuanya.

 

 

10. Tingkatkan kualitas tidur Anda

 

Apakah Anda mengalami kesulitan tidur? Cobalah minum segelas susu kambing hangat, sebelum memejamkan mata dan tidur.

 

 

Asam amino triptofan dalam susu kambing membantu produksi hormon serotonin tubuh. Serotonin adalah hormon yang sangat penting dalam menjaga stabilitas mood selain meningkatkan relaksasi. membantu memproduksi Melatonin, hormon yang juga dikenal sebagai hormon tidur.

 

 

Oleh karena itu, meminum satu ons susu kambing sebelum tidur dapat membantu Anda lebih cepat tertidur dan tidur lebih nyenyak.

 

 

Tidak diragukan lagi manfaat dari produk susu kambing murni dan olahannya karena kandungan gizi yang terkandung di dalamnya cukup besar. Keunggulannya dibandingkan susu kambing, susu sapi dan susu lainnya juga telah dibuktikan secara klinis. Diawali dengan jumlah protein, sodium magnesium, kalsium, dan potasium. Tidak ada makanan lain yang bisa mengalahkan susu kambing. Inilah mengapa Anda tidak perlu ragu untuk menggunakan keju kambing sebagai suplemen sehat untuk kebutuhan nutrisi harian Anda.

 

 

Banyaknya manfaat susu kambing murni sangat cocok untuk seluruh keluarga untuk menjaga kesehatan tubuh secara alami. Susu tersebut tidak hanya meningkatkan sistem kekebalan tubuh, tetapi juga mampu mengurangi berbagai macam penyakit mematikan termasuk stroke dan serangan jantung.

 

 

Selain menjaga dari dalam, manfaat susu kambing murni juga.

 

Dari luar, Anda bisa melihat gigi yang sehat, serta tampilan kulit yang bersih, lembap, dan lembut yang mendukung penampilan Anda saat berolahraga.

 

 

Meskipun menemukan susu kambing dari sumber murni tidak mudah, ada kemungkinan untuk menemukan peternakan tepercaya yang dapat memproduksi dan menjual goa beku, botol, dan bubuk.t's keju di berbagai titik harga.

 

 

Harga susu kambing yang dijual di pasaran adalah Rp. 44.000-85.000 per 200g untuk susu kambing murni bubuk dan Rp. 6.600-10,00 per 200ml susu kambing murni kemasan atau beku.

 

 

Jika membandingkan harga susu kambing dengan susu sapi, tentu harganya bisa dua kali lipat lebih mahal. Namun, mengingat kandungan gizi susu kambing yang lebih tinggi dari susu sapi dan susu vegetarian, mungkin harganya bisa dibandingkan dengan manfaat kesehatan yang didapat darinya.

 

#susukambing #susu #kambing #susukambingmurni #susumurni #sususegar #manfaatsusukambing #waktu minum susu #obatsusukambing #efeksusukambing #susukambingsachet #khasiatsusukambing #susukambingterbaik #hargasusukambing

Comments

Popular posts from this blog

Pagar Beton PT Unicon Precast Concrete: Produk Berkualitas Tinggi yang Cocok untuk Area Pelabuhan

Fitur Instagram Populer yang Kamu Harus Tahu

Kambing Alpen Inggris Karanganyar Jawa Tengah